Sabtu, 13 Mei 2017

Yuk Intip Bagaimana Ciri Khas Cara berkerudung Wanita dari Berbagai Negara

Cara berkerudung - Kerudung atau hijab saat ini telah menjadi salah satu bagian busana yang tidak bisa ditinggalkan di negara dengan dominasi penduduk Muslim. Kerudung di era modern saat ini bukan hanya berfungsi sebagai penanda identitas seorang Muslim ataupun untuk memenuhi kewajiban menutup aurat, namun kerudung telah berkembang menjadi suatu tren fashion.

Seiring berkembangnya tren berkerudung, kita tentunya melihat ada begitu banyak model tampilan wanita saat mengenakannya. Namun, secara garis besar kita bisa membedakan ciri khas berkerudung wanita muslimah dari berbagai negara, dengan ciri-ciri berikut ini.

cara berkerudung


1. Indonesia

Indonesia dikenal sebagai salah satu negara yang menjadi pelopor jilbab modern di dunia. Indonesia bahkan menjadi salah satu pusat fashion hijab yang cukup diperhitungkan.

Wanita di Indonesia umumnya menyukai cara berkerudung yang sangat bervariasi. Ada yang menyukai gaya simpel, bertumpuk, turban, heboh, dan juga syar’i. Jika dibandingkan dengan negara lainnya, Indonesia paling banyak memiliki variasi hijab yang dipakai oleh para wanitanya.

Keragaman cara berkerudung para wanita Indonesia bahkan mampu menarik minat negara-negara dengan penduduk mayoritas Muslim lainnya. Wanita di Indonesia sangat menyukai kerudung dengan warna dan corak-corak yang beragam. Ada juga cara berkerudung syar’i yang tetap bisa menutupi aurat sepenuhnya, namun tetap colorful dan penuh gaya.

2. Malaysia

Walaupun bertetangga, namun ternyata gaya berhijab wanita di Malaysia berbeda dengan Indonesia. Mereka umumnya menyukai cara berkerudung yang simpel dan mampu menutup dada. Para wanita Muslim di Malaysia terbiasa menggunakan scarf panjang untuk kegiatan sehari-hari. Mereka pun selalu mengaplikasikan scarf tersebut dengan gaya menutupi dada dan terlihat longgar.

Para wanita Muslim di Malaysia umumnya menyukai kerudung dengan warna polos ataupun gelap. Namun, meskipun begitu ada juga wanita yang menggunakan kerudung bermotif ataupu berwarna cerah untuk menghadiri acara pesta. Wanita Muslim di Malaysia pun lebih senang menggunakan pakaian yang sederhana, namun masih tetap terlihat modis.

3. Turki

Wanita Muslim di Turki memiliki ciri khas cara berkerudung yang hampir sama dengan di Malaysia. Mereka menyukai cara berkerudung yang simpel, namun tetap terlihat modern dan styllish.

Wanita Muslim di Turki cenderung memiliki ciri khas cara berkerudung yang membentuk kerucut lancip (segitiga) di bagian kepalanya. Mereka biasanya menggunakan scarf dengan bahan sutra halus. Biasanya para wanita Turki menggunakan scarf yang dililitkan lekat pada leher dan tidak menutupi dada. Untuk itulah mereka biasanya menggunakan baju yang longgar agar bentuk dada tidak begitu terlihat dari luar.

4. Rusia

Cara berkerudung wanita di Rusia juga hampir mirip dengan wanita di Turki. Perbedaannya hanya pada cara berkerudung pada bagian dahi yang tidak membentuk lancip atau segitiga. Wanita Rusia juga cenderung menyukai cara berkerudung yang simpel dengan bahan-bahan sutra halus dan mengkilap.

Wanita Rusia pun lebih senang mengenakan kerudung dengan gaya yanglonggar. Biasanya mereka menggunakan jilbab segi empat yang dilipat 2. Cara berkerudung mereka pun sangat sederhana dan lebih senang memperlihatkan ciput mereka. Salah satu artis Indonesia yang senang meniru cara berkerudung wanita Rusia adalah Angel Lelga.

5. Inggris

Walaupun bukan merupakan negara yang berpenduduk mayoritas Islam, namun cara berkerudung wanita Muslim di Inggris juga menarik untuk diketahui. Wanita Inggris cenderung menyukai cara berkerudung yang simpel dan hanya terdiri dari 1 hingga 2 langkah saja. Satu ciri khas mereka adalah selalu memberikan sedikit volume di bagian atas da belakang kepala. Mereka pun biasanya menyukai warna kerudung yang lembut seperti peach dan warna polos lainnya.

Itulah ciri khas cara berkerudung wanita Muslim di berbagai negara yang berbeda. Semoga informasi ini bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar